Remedial UTS Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kelompok 2(Communication dan Sequence Diagram)
Communication Diagram
Communication Diagram adalah suatu diagram yang
memperlihatkan/menampilkan pengorganisasian interaksi yang terdapat disekitar
objek (seperti halnya sequence diagram) dan hubungannya terhadap yang lainnya.
Communication Diagram lebih menekankan kepada peran setiap objek dan bukan pada
waktu penyampaian pesan/message.
Communication Diagram digunakan untuk:
1. Pandangan dalam arti perilaku sistem, berfokus pada
link-link di antara objek-objek.
2. Ilustrasi dari suatu diagram use-case.
3. Menyatakan objek-objek yang diperlukan untuk
merealisasikan suatu layanan.
4. Memeriksa jalur-jalur pengaksesan.
Berikut ini komponen-komponen dari Communication Diagram, yaitu:
A. Boundary component = Digunakan untuk interaksi antar model dengan aktor(pengguna dan sistem eksternal).
B.Service/Control component = Mewakili koordinasi, pengurutan, transaksi, dan kontrol objek lain dan sering digunakan untuk mengenkapsulasi kontrol terkait dengan use case tertentu.
C. Entity component = Digunakan untuk memodelkan informasi yang berumur panjang dan sering persisten
Referensi :
https://www.codepolitan.com/belajar-uml-sequence-diagram-57fdb1a5ba777-17044
http://kuliahadsoo.blogspot.com/2017/12/communication-diagram.html
Modul 8 APSI
Berikut ini komponen-komponen dari Communication Diagram, yaitu:
A. Boundary component = Digunakan untuk interaksi antar model dengan aktor(pengguna dan sistem eksternal).
C. Entity component = Digunakan untuk memodelkan informasi yang berumur panjang dan sering persisten
Sequence Diagram
Sequence Diagram adalah salah satu dari diagram -
diagram yang ada pada UML, sequence diagram ini adalah diagram yang
menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaannya untuk
menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi
antara object. Sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam
eksekusi sistem.
Berikut komponen - komponen yang ada pada sequence diagram :
A. Object = adalah komponen berbentuk kotak yang mewakili
sebuah class atau object. Mereka mendemonstrasikan bagaimana sebuah object
berperilaku pada sebuah system.
B. Activation boxes = adalah komponen yang berbentuk persegi
panjang yang menggambarkan waktu yang diperlukan sebuah object untuk
menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang diperlukan, maka activation boxes
akan lebih panjang.
C. Actors = adalah komponen yang berbentuk stick
figure. Komponen yang mewakili seorang pengguna yang berinteraksi dengan
system.
D. Lifeline = adalah komponen yang berbentuk garis putus -
putus. Lifeline biasanya memuat kotak yang berisi nama dari sebuah object.
Berfungsi menggambarkan aktifitas dari object.
Berikut ini adalah contoh
Berikut ini adalah contoh
Pada Sequence Diagram diatas, bisa dilihat bahwa yang
menjadi Actors adalah Administrator. Activation boxes biasanya memilik garis
yang memberitahu aktifitas yang terjadi ketika actors atau objects berinteraksi
ke object lain.
Referensi :
https://www.codepolitan.com/belajar-uml-sequence-diagram-57fdb1a5ba777-17044
http://kuliahadsoo.blogspot.com/2017/12/communication-diagram.html
Modul 8 APSI




Komentar
Posting Komentar