Remedial UTS Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kelompok 2(Communication dan Sequence Diagram)


Communication Diagram

Communication Diagram adalah suatu diagram yang memperlihatkan/menampilkan pengorganisasian interaksi yang terdapat disekitar objek (seperti halnya sequence diagram) dan hubungannya terhadap yang lainnya. Communication Diagram lebih menekankan kepada peran setiap objek dan bukan pada waktu penyampaian pesan/message.

Communication Diagram digunakan untuk:
1. Pandangan dalam arti perilaku sistem, berfokus pada link-link di antara objek-objek.
2. Ilustrasi dari suatu diagram use-case.
3. Menyatakan objek-objek yang diperlukan untuk merealisasikan suatu layanan. 
4. Memeriksa jalur-jalur pengaksesan.

Berikut ini komponen-komponen dari Communication Diagram, yaitu:
A. Boundary component = Digunakan untuk interaksi antar model dengan aktor(pengguna dan                                                        sistem eksternal).

B.Service/Control component = Mewakili koordinasi, pengurutan, transaksi, dan kontrol objek lain                                                        dan sering digunakan untuk mengenkapsulasi kontrol terkait dengan                                                      use case tertentu.
C. Entity component = Digunakan untuk memodelkan informasi yang berumur panjang dan sering                                            persisten

Sequence Diagram


Sequence Diagram adalah salah satu dari diagram - diagram yang ada pada UML, sequence diagram ini adalah diagram yang menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object. Sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.

Berikut komponen - komponen yang ada pada sequence diagram :

A. Object = adalah komponen berbentuk kotak yang mewakili sebuah class atau object. Mereka                              mendemonstrasikan bagaimana sebuah object berperilaku pada sebuah system.

B. Activation boxes = adalah komponen yang berbentuk persegi panjang yang menggambarkan                                              waktu yang diperlukan sebuah object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama                                        waktu yang diperlukan, maka activation boxes akan lebih panjang.
C. Actors = adalah komponen yang berbentuk stick figure. Komponen yang mewakili seorang                                pengguna yang berinteraksi dengan system.
D. Lifeline = adalah komponen yang berbentuk garis putus - putus. Lifeline biasanya memuat kotak                          yang berisi nama dari sebuah object. Berfungsi menggambarkan aktifitas dari object.

Berikut ini adalah contoh 


Pada Sequence Diagram diatas, bisa dilihat bahwa yang menjadi Actors adalah Administrator. Activation boxes biasanya memilik garis yang memberitahu aktifitas yang terjadi ketika actors atau objects berinteraksi ke object lain.


Referensi :
https://www.codepolitan.com/belajar-uml-sequence-diagram-57fdb1a5ba777-17044
http://kuliahadsoo.blogspot.com/2017/12/communication-diagram.html
Modul 8 APSI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Pembentukan Class Diagram dengan menggunakan metode Domain Modelling